Sekolah : SMAN 2 Gerung
Kelas/Semester : X/I
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Standar Kompetensi : 1. MENYIMAK/ISTIMA' (Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang التعارف)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1. Mengidentifikasi
bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam
suatu kon-teks waca-na lisan tentang التعارف
dengan ca-ra menco-cokkan
dan membedakan secara tepat
|
TA'ARUF
· Teks percakapan
·
Isim-isim dhomir
·
Jenis-jenis profesi
·
Kata Tanya: ma, man,
min
·
Isim isyarah
·
Membedakan mudzakkar dan
mu'annats
·
Mengidentifi-kasi kata
kete-rangan tempat/ adawatul jar
|
·
Mendengarkan wacana tentang berkenalan
·
Drill pelafalan kosakata
·
Tanya jawab tentang isi/materi
|
· Melafalkankan /
mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
· Menyebutkan kembali
kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
|
·
Tes lisan
·
Tanya jawab
·
Tes tulis
|
2 x 40’
|
·
Buku paket
·
Guru
·
Media audio visul lain
|
1.2. Menemu-kan infor-masi
umum dan atau rinci dari berbagai
bentuk wa-cana lisan sederhana yang
meli-puti kata sapaan (إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
هل أنت من سورابايا ؟
ما عاصمة جاوى الغربية ؟
من ذلك ؟ ومن تلك ؟ من هذا ؟ ومن هذه ؟
من أين أنت ؟
هل أنت من جاكرتا ؟
ما مهنتك ؟
وما مهنة أبيك ؟
اذكر كلمات الإستفهام فى الحوار الأتية؟
اذكر الكلمات لإلقاء السلام فى الصباح؟ فى المساء ؟ فى النهار ؟ فى الليل ؟
|
·
Bercerita/meng-ungkapkan isi materi
|
·
Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari
kata-kata / kalimat yang telah didengar
·
Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan
benar
|
·
Tes tulis
·
Tes lisan
|
’
|
·
Buku paket
·
guru
·
media audio visul lain
|
1.3. Merespon gagasan
yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang mengguna-kan kata
sapaan (إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير)) , kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
Menggunakan
kata sapaan
|
·
Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat
yang telah didengar
·
Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi
wacana yang telah didengar
|
·
Tes tulis
·
Tes lisan
|
2 x 40’
|
·
Buku paket
·
guru
·
media audio visul lain
|
Standar Kompetensi : 2. BERBICARA/KALAM (mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman atau informasi melalui kegiatan bercerita dan
bertanya jawab tentang التعارف)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1. Melakukan dialog se-derhana
dengan tepat ten-tang taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal (للمفرد
اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan أدوات الجر) )
|
TA'ARUF
·
Teks percakapan
· Isim-isim dhomir
· Jenis-jenis profesi
· Kata tanya: ma, man, min
· Isim isyarah
· Membedakan mudzakkar dan mu'annats
|
·
Berkenalan tentang identitas diri sendiri
|
§ Melafalkan kosa
kata dan kalimat dengan pelafalan yang
tepat dan benar
§ Menggunakan/ me-ngucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai
kalimat
§
Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi:
ma, man, hal, min aina, ma mihnatuka dengan tepat
§ Menanggapi/meres-pons
berbagai perta-nyaan dengan tepat
§ Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat
|
§ Tanya jawab
§ demonstrasi
|
2x 40 menit
|
·
Buku paket,
·
Gambar tentang identitas diri sendiri
·
Modelling guru
|
Standar
Kompetensi : 3. MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1Mengung-kapkan informasi secara tertulis
dalam kalimat sederhana tentang التعارف
dengan tepat menggunakan
kata sapaan (إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
أهلا و سهلا !
كيف حالك ؟
صباح الخير اسمي محمد. انا تلميذ فى المدرسة المتوسطة .....
أنا من مالنج جاوى الشرقية. و هذا صورة ابي. هو طبيب فى المستشفى .......
|
·
Membuat kalimat-kalimat melalui imla'
·
Menulis kalimat-kalimat sesuai dengan khat
·
Menulis karangan berupa biodata diri sendiri
secara lengkap
|
·
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
·
Menulis karangan sesuai dengan tema secara
terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis
tentang identitas diri sendiri dengan menyebutkan nama, alamat,
pekerjaan, asal Madrasah, nama orang tua dan pekerjaan orang tua)
·
Mengidentifikasi kata-kata tanya, bentuk mufrad
dan jamak taksir, jenis mudzakkar dan mu'annats dengan tepat dan benar dll
|
tugas
portofolio
|
2x 40 menit
|
·
Keadaan / identitas diri sendiri
·
Buku Teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Bagan identitas diri
Media gambar
|
Standar Kompetensi : 4. BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita
dan bertanya jawab tentang مدرستى
)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1
Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan
tepat dan benar menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد
اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata
sifat (النعت) termasuk warna.
|
مدرستى
·
Teks percakapan
· Isim-isim dhomir
· Kata Tanya: ma, man, min
· Isim isyarah
· Membedakan mudzakkar dan mu'annats
· Mengidentifikasi kata keterangan tempat/adawatul jar
·
Kata-kata sifat termasuk jenis-jenis warna
· Kalimat-kalimat berstruktur:
-
mubtada' dan khabar (kata sifat)
-
mubtada' dan khabar (jenis warna)
-
mubtada' dan khabar (ketera-ngan tempat / adawatul jar)
ما هذا ؟ هذا كتاب
هل هذا كتاب ؟ نعم, هذا كتاب
ما هذا الكتاب (أي كتابٍ؟ ) ؟ كتاب اللغة العربية
هل ذلك الكتاب صغير ؟ نعم, ذلك الكتاب صغير
ما لونه ؟ لونه أحمر
هل لونه أبيض ؟ لا، لونه أحمر
ما تلك ؟ تلك سبورة
هل السبورة نظيفة ؟ نعم, هي نظيفة
هل لون هذا الجدار أبيض
تلك الصورة جميلة و لونها احمر
|
·
Mengidentifikasi/mengamati benda-benda di Madrasah
·
Mengidentifikasi kata sifat termasuk jenis-jenis warna baik berbentuk mudzakkar
maupun mu'annats
·
Menerapkan kalimat berstruktur: mubtada' dan
khabar (kata sifat, jenis warna atau adawatul jar)
|
·
Mengidentifikasi benda-benda di Madrasah
·
Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
·
Mengungkapkan keadaan Madrasah masing-masing
(pilih: kelas, kantin, ruang guru, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah,
dll) dengan kosakata meliputi; kata sifat termasuk jenis-jenis warna baik berbentuk mudzakkar
maupun mu'annats dengan tepat dan benar
·
Bertanya dan memberikan respons tentang keadaan / sifat-sifat benda yang ada
di Madrasah dengan menggunakan kata tanya meliputi; ma, man, hal, min aina,
ma laun… dengan tepat
·
Mendemonstrasikan materi
hiwar dengan tepat
|
Tugas terstruktur
Tanya jawab
Demonstrasi
Tes lisan (Presentasi)
|
2 x 40’
|
·
Buku paket,
·
Media gambar tentang Madrasah (kelas, kantin,
ruang guru dll)
·
Flash card (kartu sekilas) tentang benda-benda Madrasah
dll
|
4.2
Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد
اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat
(النعت) termasuk warna
|
·
Berlatih bercerita (diskusi kelompok) mengenai
keadaan Madrasah
|
·
Menggunakan /
mengucapkan mufrodat dengan tepat
dalam berbagai kalimat
·
Menceritakan keadaan Madrasah
(pilih: kelas, kantin, ruang guru, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah,
dll) dengan menyebutkan sifat-sifatnya secara tepat dan benar
|
Presentasi
Tes lisan
|
2 x 40’
|
·
|
Standar Kompetensi : 5. MEMBACA/QIRA'AH (Memahami berbagai
ragam teks tulis dalam bentuk
gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan
membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.1Mengidentifikasi kata, frasa, atau
kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal للمفرد
اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata
sifat (النعت) termasuk warna
|
·
Kata-kata sifat
·
Jenis-jenis warna
·
Kalimat berstruktur:
- mubtada' dan khabar (kata sifat)
-
mubtada' dan khabar (jenis warna
-
mubtada' dan khabar
(keterangan tempat/adawatul jar)
|
·
Mengidentifikasi adawatul madrasah, kata-kata
sifat termasuk warna
|
·
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam
wacana /bahan qira'ah
·
Mengidentifikasi tema / topik yang ada dalam
wacana
·
Menjawab/merespons berbagai pertanyaan tentang
keadaan isi / bahan qira'ah dengan
tepat dan benar
·
Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam
berbagai kalimat
|
Tes lisan
|
2x 40 menit
|
§
Keadaan Madrasah masing-masing
§
Buku Teks
§
Lembar Kerja Siswa
§
Buku panduan, media gambar jenis profesi
·
Media gambar warna-warni
|
5.1
Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari
wacana sederhana tentang “مدرستى” dengan tepat dan
benar
|
هذه مدرستى, هي جميلة و هي واسعة أيضا
وهناك مكتبة. الموظف هناك نشيط أيضا
هي صديقتى. إسمها سلسبيلا. هي ماهرة
هذا مقصف, هذا المقصف جميل, ولون الجدار هنا أصفر
|
·
Membuat kalimat-kalimat sederhana berstruktur:
mubtada' dan khobar (kata sifat)
·
Melafalkan mufradat yang tepat dan benar dalam
berbagai kalimat (dan dibiasakan tanpa harakat lengkap)
|
·
Mengidentifikasi kata sifat apa saja yang
terdapat dalam bacaan
·
Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannats
·
Membuat kesimpulan tentang isi wacana
|
Tugas
tertulis (porto folio)
|
·
|
Standar Kompetensi : 6. MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
dan informasi baik fiksi dan atau non
fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
6.1. Menulis dan
melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang
tepat
|
مدرستى
·
Benda-benda Madrasah, meliputi: kelas,
perpustakaan, kantin, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, ruang UKS
dll.( bisa ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
· Kata-kata sifat
· Jenis-jenis warna
· Kalimat berstruktur:
-
mubtada' dan khabar (kata sifat)
- mubtada' dan khabar (jenis warna)
-
mubtada' dan khabar (keterangan tempat/adawatul jar)
· Isim isyarah
· Adawatul jar
|
·
Membedakan mufradat jenis
mudzakkar dan muannats
·
membuat kalimat-kalimat sederhana
·
Menggunakan mufradat yang tepat dan benar dalam
berbagai kalimat
|
·
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat
sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla' manqul)
·
Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar
·
Menyusun
kata-kata menjadi kalimat sempurna
·
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
|
Tes unjuk
kerja
Tugas
terstruktur
|
2 x 40’
|
§
Keadaan Madrasah masing-masing
§
Buku Teks
§
Lembar Kerja Siswa
§
Buku panduan, media gambar jenis profesi
§
Media gambar warna-warni
|
6.2. Mengung-kapkan in-formasi/
gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى “
dengan menggunakan kata sapaan
(إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal للمفرد
اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
هذه مدرستى, هي جميلة و هي واسعة أيضا
وهناك مكتبة. الموظف هناك نشيط أيضا
هي صديقتى. إسمها سلسبيلا. هي ماهرة
هذا مقصف, هذا المقصف جميل, ولون الجدار أصفر
هذه مدرستى و هي جميلة و وهناك مكتبة هي جميلة أيضا
|
·
Mengamati dan menulis keadaan Madrasah
masing-masing
|
·
Menulis karangan sesuai dengan tema keadaan
lingkungan Madrasah dengan menyebutkan ciri-ciri/sifat-sifatnya secara
terstruktur/terbimbing
·
Mengidentifikasi kata-kata sifat, jenis-jenis
warna, bentuk jamak dan mufrad,
mudzakkar mu'annats dengan tepat dan
benar dll
|
Portofolio
|
Memeriksa/Menyetujui, Gerung,
Kepala SMAN 2 Gerung Guru
Mata Pelajaran
Lalu Adi Mulia Kusnan, S. Pd Hj.Zahraini.S.PdI
Pembina IV/a
NIP. 19561028 198401 1 003
![]() |
SILABUS
Sekolah :
SMAN 2 Gerung
Kelas/Semester : X /II
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Standar
Kompetensi : 7. MENYIMAK/ISTIMA') Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk
gagasan atau dialog sederhana) tentang
بيتى
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
7.1. Mengidentifikasi
bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam
suatu kon-teks waca-na lisan tentang “بيتى” dengan ca-ra menco-cokkan dan membedakan secara tepat
|
Benda-benda rumah, meliputi: ruang-ruang dan isinya, halaman,
kebun/taman rumah dll( bisa
ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
|
·
Menyebutkan kem-bali kosakata
kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang "rumahku"
·
Menyebutkan kem-bali kosakata
kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang rumahku
·
Menjawab hal-hal yang
berhubungan dengan “rumahku dengan mengguna-kan kalimat ber-struktur: khabar
muqaddam, mub-tada’ mu’akkhar dan kata
sifat
|
·
Melafalkankan / mengulang
kembali kata/kalimat yang telah didengar
·
Menyebutkan kembali
kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
·
Mengidentifikasi makna-makna/
arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengar
·
Mengartikan kalimat-kalimat
dengan tepat dan benar
|
Tes lisan / tulis
|
2 x 40’
|
· Buku
paket
· kaset
tentang lingkungan rumah
· guru
· media
audio visual lain
|
7.2.
7.2Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana
lisan sederhana tentang “بيتى” dengan mengguna-kan
kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + نعت
|
·
Kata-kata sifat (na'at man'ut)
·
Jenis-jenis warna
·
Kalimat berstruktur: khabar muqaddam, mubtada' muakkhar dan
na'at/sifat
·
Adawatul jar
|
·
Menyebutkan kem-bali kosakata
kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang "rumahku"
·
Menyebutkan kem-bali kosakata
kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang rumahku
·
Menjawab hal-hal yang
berhubungan dengan “rumahku dengan mengguna-kan kalimat ber-struktur: khabar
muqaddam, mub-tada’ mu’akkhar dan kata
sifat
|
·
Menyalin/menulis kembali
kata-kata / kalimat yang telah didengar
|
Tanya jawab
|
2 x 40’
|
·
|
Standar
Kompetensi : 8. BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
dan informasi melalui kegiatan
bercerita serta bertanya jawab tentang بيتى)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8.1. Menyampaikan
infor-masi secara lisan tentang “بيتى” dengan lafal dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat
berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
بيتى
· Benda-benda rumah, meliputi:
ruang-ruang dan isinya, halaman, kebun/taman
rumah dll( bisa ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
|
·
Mengidentifikasi benda-benda
rumah
·
Berdiskusi kelompok
|
·
Menyebutkan keadaan rumah
masing-masing
·
Melafalkan kosa kata dan
kalimat dengan pelafalan yang tepat
dan benar
·
Menggunakan / mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai
kalimat
|
Tanya jawab
Tes lisan
|
2 x 40 ’
|
Keadaan rumah
Buku Teks
Lembar Kerja Siswa
Media
Gambar
|
8.2. Bercerita
tentang “بيتى” dengan menggunakan
kalimat sederhana dengan tepat dan
benar dengan menggunakan kalimat
berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
عندي بيت. فى بيتي غرف كثيرة. منها غرفة الجلوس, غرفة المذاكرة, غرفة الأكل و غير ذلك.
جانب البيت بستان جميل
|
·
Bercerita tentang keadaan rumah
|
·
Menjelaskan / menceritakan
tentang isi dan keadaan rumah
|
Tes lisan
|
Standar Kompetensi : 9.
KITABAH/MENULIS (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang بيتى)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
9.1 Menulis
dan meleng-kapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “ بيتى” dengan tanda baca yang tepat
|
Benda-benda rumah, meliputi: ruang-ruang dan isinya, halaman,
kebun/taman rumah dll( bisa
ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
|
·
Membuat kalimat-kalimat melalui
imla'
|
·
Menyalin/menulis
kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat)
·
Menulis kata-kata /
kalimat-kalimat melalui imla' manqul
·
Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar
·
Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna
|
· Tes
unjuk kerja
· Uji
petik kerja
|
2 x 40 ’
|
Keadaan rumah / obyek langsung
Buku Teks
Lembar Kerja Siswa
Miniatur rumah,
Media gambar
|
9.2 Menulis
paragraf sangat sederhana tentang بيتى dengan menggunakan kalimat
berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
·
Kata-kata sifat (na'at man'ut)
·
Jenis-jenis warna
·
Kalimat ber-struktur: kha-bar muqad-dam, mubtada' muakkhar dan
na'at/sifat
·
Adawatul jar
|
·
|
·
Menyusun kalimat-kalimat
menjadi paragraf
|
Tes tulis
|
2 x 40 ’
|
|
9.3 Menulis tentang بيـتى
dengan menggunakan media gambar/alat peraga gambar/foto yang dilihat dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
عندي بيت. فى بيتي غرف كثيرة. منها غرفة الجلوس, غرفة المذاكرة, غرفة الأكل و غير ذلك.
جانب البيت بستان جميل
|
·
Menulis karangan / laporan
tentang keadaan rumah dengan ciri-cirinya/ sifatnya
|
·
Menulis karangan sesuai dengan
tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis tentang keadaan rumah sendiri-sendiri)
·
Mengidentifikasi kata-kata
tanya, bentuk mufrad dan jamak taksir, jenis mudzakkar dan mu'annats dengan tepat dan benar dll
|
Tugas portofolio
|
Standar Kompetensi : 10. BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab tentang أسرتي)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
10.1
Menyampaikan in-formasi se-cara
lisan dengan la-fal yang tepat da-lam
kali-mat seder-hana tentang أسرتي
mengguna-kan
kalimat berstruktur meliputi mubtada dan khobar
(berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
|
·
Teks percakapan
·
Isim-isim dhomir
·
Nama-nama anggota keluarga
·
Kata Tanya: madza ya'malu..?
·
Isim isyarah
|
·
Mengidentifikasi
anggota-anggota keluarga
·
Mengidentifi-kasi kata kerja
sehari-hari yang paling populer
|
·
Melafalkan kosa kata dan
kalimat dengan pelafalan yang tepat
dan benar
·
Menggunakan / mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai
kalimat
|
· Praktek
langsung melalui bercerita
· Tanya
jawab/
wawancara
|
2 x 40 ’
|
§ Keadaan
rumah / obyek langsung
§ Buku
Teks
§ Buku
panduan,
§ media gambar rumah (isi rumah)
§ gambar anggota keluarga (photo)
§ Gambar
kegiatan / aktivitas anggota
keluarga
|
10.2
Bercerita tentang أسرتي
dengan
mengguna-kan media gambar /alat peraga
dan menerapkan struktur
kali-mat meli-puti: mubta-da dan kho-bar (berupa kata kerja / fiil mudhari
mufrad)
|
·
Mengidentifikasi bentuk-bentuk
(perbedaan) fiil mudhari (mufrad) sesuai dengan mubtada' mufrad
·
Kalimat berstruktur: mubtada' dan khabar dan maf'ul bih
|
·
Mengidentifikasi
perubahan-perubahan dalam fi'il mudhari'
·
Menerapkan kalimat berstruktur:
mubtada' dan khabar (berupa fi'il mudhari) dan maf'ul bih
|
·
Menceritakan tentang lingkungan anggota keluarga dengan
tepat dan benar secara terstruktur/terbimbing
disertai gambar
|
Tes lisan (bercerita)
|
2 x 40 ’
|
§ Buku
Teks
§ Lembar
Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku
panduan,
§ gambar lokasi rumah/kantor
|
10.3
Melakukan tanya jawab
tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur meliputi: mubtada dan khobar (berupa kata
kerja / fiil mudhari mufrad)
|
أمي تذهب الى السوق
و أبى يقرأ الجريدة فى غرفة الأكل
و أنا العب اغسل فى الحمام
أخى اسمه خليل الرحمن
|
·
Berlatih bercerita (diskusi
kelompok) mengenai keadaan keluarga
|
·
Bertanya dengan menggunakan
kata tanya meliputi; madza ya'malu..? dan kata tanya: hal
dengan tepat dan benar
·
Memberikan tanggapan /
respons dengan tepat
·
Mendemonstrasikan materi hiwar
dengan tepat dan benar
|
Demonstrasi
|
§ Buku
Teks
§ Lembar
Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku
panduan,
§ gambar lokasi rumah/kantor
|
Standar Kompetensi : 11. MEMBACA/QIRA'AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan tentang أسرتي)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
11.1
Membaca nyaring, me-lafalkan
huruf hija-iyyah, kata, frase, kali-mat seder-hana dengan ucap-an, tekanan
dan intonasi yang bertema tentang أسرتي dengan menerapkan
kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari
mufrad)
|
·
Teks bacaan tentang keluarga
·
Isim-isim dhomir
·
Jenis-jenis anggota keluarga
·
Kata Tanya: madza ya'malu..?
·
Isim isyarah
|
·
Melafalkan fiil-fiil mudhari
yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengucapkan kalimat-kalimat sederhana berstruktur:
mubtada' dan khobar (fiil mudhari mufrad) dan maf'ul bih
·
Melafalkan mufradat yang tepat
dan benar dalam berbagai kalimat (dan dibiasakan tanpa harakat lengkap)
|
·
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan
tepat dan benar sesuai dengan tanda baca
|
·
Tes unjuk kerja
·
Tes lisan
·
Tes tulis
|
2 x 40 ’
|
§ Buku
Teks
§ Lembar
Kerja Siswa
§ Buku
panduan,
§ media gambar rumah (isi rumah)
§ gambar anggota keluarga (photo)
§ Gambar
kegiatan / aktivitas seorang anggota keluarga
|
11.2
Mengidentifikasi kata, frasa,
atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang أسرتي
mengunakan
kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari
mufrad)
|
·
Mengidentifikasi bentuk-bentuk
(perbedaan) fiil mudhari (mufrad) sesuai dengan mubtada' mufrad
·
Kalimat berstruktur: mubtada' dan khabar dan maf'ul bih
|
·
Melafalkan fiil-fiil mudhari
yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengucapkan kalimat-kalimat sederhana berstruktur:
mubtada' dan khobar (fiil mudhari mufrad) dan maf'ul bih
·
Melafalkan mufradat yang tepat dan benar
dalam berbagai kalimat (dan dibiasakan tanpa harakat lengkap)
|
·
Mengidentifikasi makna/ide
pokok yang ada dalam wacana /bahan qira'ah
·
Mengidentifikasi tema /
topik yang ada dalam wacana
·
Menjawab berbagai pertanyaan
tentang keadaan isi / bahan qira'ah
dengan tepat dan benar
|
Tes tulis
|
§ Buku
Teks
§ Lembar
Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku
panduan,
§ gambar lokasi rumah/kantor
|
|
11.3
Menemu-kan informasi umum dan
atau rinci dari wacana tulis sederhana
tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat
berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
|
أمي تذهب الى السوق
و أبى يقرأ الجريدة فى غرفة الأكل
و أنا العب
اغسل فى الحمام
أخى اسمه خليل الرحمن
|
·
Melafalkan fiil-fiil mudhari
yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengucapkan kalimat-kalimat sederhana berstruktur:
mubtada' dan khobar (fiil mudhari mufrad) dan maf'ul bih
·
Melafalkan mufradat yang tepat dan benar
dalam berbagai kalimat (dan dibiasakan tanpa harakat lengkap)
|
·
Membedakan jenis mudzakkar dan
muannats dalam berbagai kalimat
·
Mengidentifikasi kata-kata
kerja paling populer (fiil mudhari mufrad)
·
Mengidentifikasi jenis
mudzakkar dan muannats
·
Membuat kesimpulan tentang isi wacana
|
Tes tulis
|
2 x 40 ’
|
§ Buku
Teks
§ Lembar
Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku
panduan,
§ gambar lokasi rumah/kantor
|
Standar Kompetensi : 12. KITABAH/MENULIS (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi
melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتي)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
12.1
Menulis paragraph sederhana
tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat
berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
|
·
Isim-isim dhomir
·
Jenis-jenis anggota keluarga
·
Kata Tanya: madza ya'malu..?
·
Isim isyarah
|
·
Mengamati dan menulis jenis-jenis anggota keluarga (membuat bagan)
·
Menemukan kata-kata kerja yang
paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengidentifikasi
perubahan-perubahan fiil-fiil mudhari yang mufrad
·
Membedakan mufradat jenis
mudzakkar dan muannats
·
membuat kalimat-kalimat
sederhana
|
·
Menyalin/menulis
kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla'
manqul)
·
Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar
·
Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna
·
Menyusun kalimat-kalimat
menjadi paragraf
|
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
Tes tulis
|
2 x 40’
|
·
Buku Teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Buku panduan
·
gambar anggota keluarga (photo)
·
Gambar kegiat-an anggota
keluarga
|
12.2
Menulis cerita sederhana
tentang أسرتي yang mencerminkan kecakapan
menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstruktur:
mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
|
· Mengidentifi-kasi
bentuk-ben-tuk (perbedaan) fiil mudhari (mufrad) sesuai dengan mubtada'
mufrad
· Kalimat
berstruktur: mubtada' dan khabar dan
maf'ul bih
أمي تذهب الى السوق
و أبى يقرأ الجريدة فى غرفة الأكل
و أنا العب اغسل فى الحمام
أخى اسمه خليل الرحمن
|
·
Mengamati dan menulis jenis-jenis anggota keluarga (mem-buat bagan)
·
Menemukan kata-kata kerja yang
paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengidentifi-kasi
perubahan-perubahan fiil-fiil mudhari yang mufrad
·
Membedakan mufradat jenis
mudzakkar dan muannats
·
membuat kalimat-kalimat
sederhana
|
·
Menulis karangan sesuai dengan
tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis tentang keadaan anggota keluarga)
·
Mengidentifikasi kata tanya
madza ya'malu...? dan hal..., jenis mudzakkar dan mu'annats
dengan tepat dan benar dll
|
tugas portofolio
|
2 x 40’
|
§ Buku
Teks
§ Lembar
Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku
panduan,
§ gambar lokasi rumah/kantor
|
Memeriksa/Menyetujui, Gerung,
Kepala SMAN 2 Gerung Guru Mata Pelajaran
Lalu Adi Mulia Kusnan, S. Pd Hj.Zahraini.S.PdI
Pembina IV/a
NIP. 19561028 198401 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar