Minggu, 16 November 2014

Silabus Bahasa Arab SMA kelas X






Sekolah                           : SMAN 2 Gerung
Kelas/Semester               : X/I
Mata Pelajaran                : Bahasa Arab

Standar Kompetensi            : 1. MENYIMAK/ISTIMA' (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
1.1.   Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang التعارف dengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat
TA'ARUF
·     Teks percakapan
·     Isim-isim dhomir
·     Jenis-jenis profesi
·     Kata Tanya: ma, man, min
·     Isim isyarah
·     Membedakan mudzakkar dan mu'annats
·     Mengidentifi-kasi kata kete-rangan tempat/ adawatul jar

·     Mendengarkan wacana tentang berkenalan
·     Drill pelafalan kosakata
·     Tanya jawab tentang isi/materi
·    Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
·    Menyebutkan kembali kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll



·         Tes lisan
·         Tanya jawab
·         Tes tulis






2 x 40’
·  Buku paket
·  Guru
·  Media audio visul lain


1.2.   Menemu-kan infor-masi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana lisan  sederhana yang meli-puti kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)
هل أنت من سورابايا ؟
ما عاصمة جاوى الغربية ؟
من ذلك ؟ ومن تلك ؟ من هذا ؟ ومن هذه ؟
من أين أنت ؟
هل أنت من جاكرتا ؟
ما مهنتك ؟
وما مهنة أبيك ؟
اذكر كلمات الإستفهام فى الحوار الأتية؟
اذكر الكلمات لإلقاء السلام فى الصباح؟ فى المساء ؟ فى النهار ؟ فى الليل ؟
·  Bercerita/meng-ungkapkan isi materi

·      Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengar
·      Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
·         Tes tulis
·         Tes lisan

·  Buku paket
·  guru
·  media audio visul lain


1.3.   Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang mengguna-kan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير)) , kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)
Menggunakan kata sapaan

·  Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar
·  Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar

·         Tes tulis
·         Tes lisan

2 x 40’
·  Buku paket
·  guru
·  media audio visul lain




Standar Kompetensi            : 2. BERBICARA/KALAM  (mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  atau  informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
2.1.   Melakukan dialog se-derhana dengan tepat ten-tang taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  (للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan  أدوات الجر) )
TA'ARUF
·  Teks percakapan
·  Isim-isim dhomir
·  Jenis-jenis profesi
·  Kata tanya: ma, man, min
·  Isim isyarah
·  Membedakan mudzakkar dan mu'annats

·         Berkenalan tentang identitas diri sendiri

§ Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benar
§ Menggunakan/ me-ngucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat 
§ Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi: ma, man, hal, min aina, ma mihnatuka dengan tepat
§ Menanggapi/meres-pons berbagai perta-nyaan dengan tepat
§ Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat
§  Tanya jawab
§  demonstrasi

2x 40 menit
·  Buku paket,
·  Gambar tentang identitas diri sendiri
·  Modelling guru



Standar Kompetensi             : 3. MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan  meringkas dan menulis tentang التعارف)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
3.1Mengung-kapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف dengan tepat menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)
أهلا و سهلا !
كيف حالك ؟
صباح الخير اسمي محمد. انا تلميذ فى المدرسة المتوسطة .....
أنا من مالنج جاوى الشرقية. و هذا صورة ابي. هو طبيب فى المستشفى .......

·         Membuat kalimat-kalimat melalui imla'
·         Menulis kalimat-kalimat sesuai dengan khat
·         Menulis karangan berupa biodata diri sendiri secara lengkap

·         Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
·         Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis  tentang identitas diri sendiri dengan menyebutkan nama, alamat, pekerjaan, asal Madrasah, nama orang tua dan pekerjaan orang tua)
·         Mengidentifikasi kata-kata tanya, bentuk mufrad dan jamak taksir, jenis mudzakkar dan mu'annats  dengan tepat dan benar dll
tugas portofolio 
2x 40 menit
·  Keadaan / identitas diri sendiri
·  Buku Teks
·  Lembar Kerja Siswa

·  Bagan identitas diri
Media gambar




Standar Kompetensi            : 4. BERBICARA/KALAM   (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى )

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
4.1  Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan tepat dan benar menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)  dan kata sifat (النعت)  termasuk warna.
مدرستى
·  Teks percakapan
·  Isim-isim dhomir
·  Kata Tanya: ma, man, min
·  Isim isyarah
·  Membedakan mudzakkar dan mu'annats
·  Mengidentifikasi kata keterangan tempat/adawatul jar
·  Kata-kata sifat termasuk jenis-jenis warna
·  Kalimat-kalimat berstruktur:
-  mubtada' dan khabar (kata sifat)
-  mubtada' dan khabar (jenis warna)
-  mubtada' dan khabar (ketera-ngan tempat / adawatul jar)
ما هذا ؟ هذا كتاب
هل هذا كتاب ؟ نعم, هذا كتاب
ما هذا الكتاب (أي كتابٍ؟ ) ؟ كتاب اللغة العربية
هل ذلك الكتاب صغير ؟ نعم, ذلك الكتاب صغير
ما لونه ؟ لونه أحمر
هل لونه أبيض ؟ لا، لونه أحمر
 ما تلك ؟ تلك سبورة
هل السبورة  نظيفة ؟ نعم, هي نظيفة
هل لون هذا الجدار أبيض
تلك الصورة جميلة و لونها احمر
·     Mengidentifikasi/mengamati  benda-benda di Madrasah
·     Mengidentifikasi kata sifat termasuk  jenis-jenis warna baik berbentuk mudzakkar maupun mu'annats
·     Menerapkan kalimat berstruktur: mubtada' dan khabar (kata sifat, jenis warna atau adawatul jar)
·         Mengidentifikasi benda-benda di Madrasah
·         Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benar
·         Mengungkapkan keadaan Madrasah masing-masing (pilih: kelas, kantin, ruang guru, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, dll) dengan kosakata meliputi; kata sifat termasuk  jenis-jenis warna baik berbentuk mudzakkar maupun mu'annats dengan tepat dan benar
·         Bertanya dan memberikan respons  tentang keadaan / sifat-sifat benda yang ada di Madrasah dengan menggunakan kata tanya meliputi; ma, man, hal, min aina, ma laun… dengan tepat
·         Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat

Tugas terstruktur
Tanya jawab
Demonstrasi
Tes lisan (Presentasi)
2 x 40’
·         Buku paket,
·         Media gambar tentang Madrasah (kelas, kantin, ruang guru dll)
·         Flash card (kartu sekilas) tentang benda-benda Madrasah dll 

4.2  Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat  (النعت)  termasuk warna

·     Berlatih bercerita (diskusi kelompok) mengenai keadaan Madrasah
·         Menggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat 
·         Menceritakan keadaan Madrasah (pilih: kelas, kantin, ruang guru, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, dll) dengan menyebutkan sifat-sifatnya secara tepat dan benar
Presentasi
Tes lisan
2 x 40’
·          



Standar Kompetensi            : 5. MEMBACA/QIRA'AH (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
5.1Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna
·         Kata-kata sifat
·         Jenis-jenis warna
·         Kalimat berstruktur:
-  mubtada' dan khabar (kata sifat)
    -  mubtada' dan khabar (jenis warna
    -  mubtada' dan khabar 
      (keterangan tempat/adawatul jar)
·         Mengidentifikasi adawatul madrasah, kata-kata sifat termasuk warna

·         Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira'ah
·         Mengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana
·         Menjawab/merespons berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira'ah  dengan tepat dan benar
·         Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimat
Tes lisan

2x 40 menit
§ Keadaan Madrasah masing-masing
§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Buku panduan, media  gambar jenis profesi
·  Media gambar warna-warni 
5.1  Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana  tentang “مدرستى” dengan tepat dan benar 
هذه مدرستى, هي جميلة و هي واسعة أيضا
وهناك مكتبة. الموظف هناك نشيط أيضا
هي صديقتى. إسمها سلسبيلا. هي ماهرة
هذا مقصف, هذا المقصف جميل, ولون الجدار هنا أصفر
·         Membuat kalimat-kalimat sederhana berstruktur: mubtada' dan khobar (kata sifat)
·         Melafalkan mufradat yang tepat dan benar dalam berbagai kalimat (dan dibiasakan tanpa harakat lengkap)
·         Mengidentifikasi kata sifat apa saja yang terdapat dalam bacaan
·         Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannats
·         Membuat kesimpulan tentang isi wacana
Tugas tertulis (porto folio)

·   



















Standar Kompetensi            : 6. MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
6.1.   Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat
مدرستى
·  Benda-benda Madrasah, meliputi: kelas, perpustakaan, kantin, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, ruang UKS dll.( bisa ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
·  Kata-kata sifat
·  Jenis-jenis warna
·  Kalimat berstruktur:
-  mubtada' dan khabar (kata sifat)
-  mubtada' dan khabar (jenis warna)
-  mubtada' dan khabar (keterangan tempat/adawatul jar)
·  Isim isyarah
·  Adawatul jar
·         Membedakan mufradat jenis mudzakkar dan muannats
·         membuat kalimat-kalimat sederhana
·         Menggunakan mufradat yang tepat dan benar dalam berbagai kalimat
·         Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla' manqul)   
·         Menyusun huruf-huruf  menjadi kata-kata dengan benar
·         Menyusun  kata-kata menjadi kalimat sempurna 
·         Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf

Tes unjuk kerja
Tugas terstruktur
2 x 40’

§ Keadaan Madrasah masing-masing
§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Buku panduan, media  gambar jenis profesi
§ Media gambar warna-warni 
6.2.   Mengung-kapkan in-formasi/ gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى “  dengan  menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
هذه مدرستى, هي جميلة و هي واسعة أيضا
وهناك مكتبة. الموظف هناك نشيط أيضا
هي صديقتى. إسمها سلسبيلا. هي ماهرة
هذا مقصف, هذا المقصف جميل, ولون الجدار  أصفر
هذه مدرستى و هي جميلة و وهناك مكتبة هي جميلة أيضا 
·         Mengamati dan menulis keadaan Madrasah masing-masing
·         Menulis karangan sesuai dengan tema keadaan lingkungan Madrasah dengan menyebutkan ciri-ciri/sifat-sifatnya secara terstruktur/terbimbing
·         Mengidentifikasi kata-kata sifat, jenis-jenis warna,  bentuk jamak dan mufrad, mudzakkar mu'annats  dengan tepat dan benar dll
Portofolio


                        Memeriksa/Menyetujui,                                                                                                                      Gerung,
Kepala SMAN 2 Gerung                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran
           

Lalu Adi Mulia Kusnan, S. Pd                                                                                                           Hj.Zahraini.S.PdI
Pembina IV/a                                                                         
NIP. 19561028 198401 1 003



























 



SILABUS

Sekolah                           : SMAN 2 Gerung
Kelas/Semester               : X /II
Mata Pelajaran                : Bahasa Arab

Standar Kompetensi        : 7. MENYIMAK/ISTIMA') Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang    بيتى

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
7.1.   Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang بيتى  dengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat
Benda-benda rumah, meliputi: ruang-ruang dan isinya, halaman, kebun/taman  rumah dll( bisa ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
·     Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang  "rumahku"
·     Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang   rumahku
·     Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan “rumahku dengan mengguna-kan kalimat ber-struktur: khabar muqaddam,  mub-tada’ mu’akkhar dan kata sifat
·         Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
·         Menyebutkan kembali kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
·         Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengar
·         Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar

Tes lisan / tulis

2 x 40’
·  Buku paket
·  kaset tentang lingkungan rumah
·  guru
·  media audio visual lain

7.2.    
7.2Menemu-kan infor-masi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan  sederhana tentang بيتى dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + نعت
·         Kata-kata sifat (na'at man'ut)
·         Jenis-jenis warna
·         Kalimat berstruktur:  khabar muqaddam, mubtada' muakkhar dan na'at/sifat
·         Adawatul jar

·     Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang  "rumahku"
·     Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang   rumahku
·     Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan “rumahku dengan mengguna-kan kalimat ber-struktur: khabar muqaddam,  mub-tada’ mu’akkhar dan kata sifat
·         Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar
Tanya jawab
2 x 40’
·   


Standar Kompetensi        : 8. BERBICARA/KALAM  (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  dan  informasi melalui kegiatan bercerita serta  bertanya jawab tentang بيتى)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
8.1.   Menyampaikan infor-masi secara lisan tentang بيتى  dengan lafal dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur         مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
            بيتى
·  Benda-benda rumah, meliputi: ruang-ruang dan isinya, halaman, kebun/taman  rumah dll( bisa ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)

·         Mengidentifikasi benda-benda rumah
·         Berdiskusi kelompok

·         Menyebutkan keadaan rumah masing-masing
·         Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benar
·         Menggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat 

Tanya jawab
Tes lisan

2 x 40 ’
Keadaan rumah 
Buku Teks
Lembar Kerja Siswa
Media
Gambar
8.2.   Bercerita tentang  “بيتى dengan menggunakan kalimat sederhana dengan  tepat dan benar  dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
عندي بيت. فى بيتي غرف كثيرة. منها غرفة الجلوس, غرفة المذاكرة, غرفة الأكل و غير ذلك.
جانب البيت بستان جميل

·         Bercerita tentang keadaan rumah
·         Menjelaskan / menceritakan tentang isi dan keadaan rumah 
Tes lisan 





Standar Kompetensi        : 9. KITABAH/MENULIS (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang    بيتى)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
9.1  Menulis dan meleng-kapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang بيتى”  dengan tanda baca yang tepat
Benda-benda rumah, meliputi: ruang-ruang dan isinya, halaman, kebun/taman  rumah dll( bisa ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
·         Membuat kalimat-kalimat melalui imla'
·         Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat)
·         Menulis kata-kata / kalimat-kalimat melalui imla' manqul   
·         Menyusun huruf-huruf  menjadi kata-kata dengan benar
·         Menyusun  kata-kata menjadi kalimat sempurna 
·  Tes unjuk kerja
·  Uji petik kerja

2 x 40 ’
Keadaan rumah / obyek langsung
Buku Teks
Lembar Kerja Siswa
 Miniatur rumah,
 Media gambar
9.2  Menulis paragraf sangat sederhana tentang بيتى dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
·         Kata-kata sifat (na'at man'ut)
·         Jenis-jenis warna
·         Kalimat ber-struktur:  kha-bar muqad-dam, mubtada' muakkhar dan na'at/sifat
·         Adawatul jar
·          
·         Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
Tes tulis

2 x 40 ’

9.3   Menulis tentang بيـتى dengan menggunakan media gambar/alat peraga gambar/foto yang dilihat  dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
عندي بيت. فى بيتي غرف كثيرة. منها غرفة الجلوس, غرفة المذاكرة, غرفة الأكل و غير ذلك.
جانب البيت بستان جميل
·         Menulis karangan / laporan tentang keadaan rumah dengan ciri-cirinya/ sifatnya
·         Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis  tentang keadaan rumah sendiri-sendiri)
·         Mengidentifikasi kata-kata tanya, bentuk mufrad dan jamak taksir, jenis mudzakkar dan mu'annats  dengan tepat dan benar dll
Tugas portofolio 






 Standar Kompetensi       :   10. BERBICARA/KALAM   (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang  أسرتي)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
10.1          Menyampaikan in-formasi se-cara lisan dengan la-fal  yang tepat da-lam kali-mat seder-hana tentang  أسرتي mengguna-kan kalimat berstruktur  meliputi mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·         Teks percakapan
·         Isim-isim dhomir
·         Nama-nama anggota keluarga
·         Kata Tanya: madza ya'malu..? 
·         Isim isyarah

·         Mengidentifikasi anggota-anggota keluarga
·         Mengidentifi-kasi kata kerja sehari-hari yang paling populer

·         Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benar
·         Menggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat 

·  Praktek langsung melalui bercerita

·  Tanya jawab/
   wawancara

2 x 40 ’
§ Keadaan rumah / obyek langsung
§ Buku Teks
§ Buku panduan,
§ media  gambar rumah (isi rumah)
§  gambar anggota keluarga (photo)
§ Gambar kegiatan / aktivitas  anggota keluarga 
10.2          Bercerita tentang أسرتي dengan mengguna-kan media gambar /alat peraga  dan menerapkan  struktur kali-mat meli-puti: mubta-da dan kho-bar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk (perbedaan) fiil mudhari (mufrad) sesuai dengan mubtada' mufrad
·         Kalimat berstruktur:  mubtada' dan khabar dan maf'ul bih
·         Mengidentifikasi perubahan-perubahan dalam fi'il mudhari'
·         Menerapkan kalimat berstruktur: mubtada' dan khabar (berupa fi'il mudhari) dan maf'ul bih
·         Menceritakan   tentang lingkungan anggota keluarga dengan tepat dan benar secara terstruktur/terbimbing  disertai gambar  
Tes lisan (bercerita)
2 x 40 ’
§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku panduan,
§  gambar lokasi rumah/kantor

10.3          Melakukan tanya jawab tentang  أسرتي dengan menerapkan   kalimat berstruktur  meliputi: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
أمي تذهب الى السوق
و أبى يقرأ الجريدة فى غرفة الأكل
و أنا العب اغسل فى الحمام
أخى اسمه خليل الرحمن
·         Berlatih bercerita (diskusi kelompok) mengenai keadaan keluarga 
·         Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; madza ya'malu..? dan kata tanya:   hal dengan tepat dan benar
·         Memberikan tanggapan / respons  dengan tepat
·         Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat  dan benar
Demonstrasi

§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku panduan,
§  gambar lokasi rumah/kantor





Standar Kompetensi        : 11.  MEMBACA/QIRA'AH   (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan menemukan tentang أسرتي)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
11.1          Membaca nyaring, me-lafalkan huruf hija-iyyah, kata, frase, kali-mat seder-hana dengan ucap-an, tekanan dan intonasi yang bertema tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·         Teks bacaan tentang keluarga
·         Isim-isim dhomir
·         Jenis-jenis  anggota keluarga
·         Kata Tanya: madza ya'malu..? 
·         Isim isyarah

·         Melafalkan fiil-fiil mudhari yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengucapkan  kalimat-kalimat sederhana berstruktur: mubtada' dan khobar (fiil mudhari mufrad) dan maf'ul bih
·         Melafalkan mufradat yang tepat dan benar dalam berbagai kalimat (dan dibiasakan tanpa harakat lengkap)
·         Melafalkan  huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca
·         Tes unjuk kerja
·         Tes lisan
·         Tes tulis 

2 x 40 ’
§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Buku panduan,
§ media  gambar rumah (isi rumah)
§  gambar anggota keluarga (photo)
§ Gambar kegiatan / aktivitas seorang anggota keluarga 


11.2          Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang أسرتي mengunakan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk (perbedaan) fiil mudhari (mufrad) sesuai dengan mubtada' mufrad
·         Kalimat berstruktur:  mubtada' dan khabar dan maf'ul bih
·         Melafalkan fiil-fiil mudhari yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengucapkan  kalimat-kalimat sederhana berstruktur: mubtada' dan khobar (fiil mudhari mufrad) dan maf'ul bih
·          Melafalkan mufradat yang tepat dan benar dalam berbagai kalimat (dan dibiasakan tanpa harakat lengkap)
·         Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira'ah
·         Mengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana
·         Menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira'ah  dengan tepat dan benar

Tes tulis


§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku panduan,
§  gambar lokasi rumah/kantor

11.3          Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
أمي تذهب الى السوق
و أبى يقرأ الجريدة فى غرفة الأكل
و أنا العب
 اغسل فى الحمام
أخى اسمه خليل الرحمن
·         Melafalkan fiil-fiil mudhari yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengucapkan  kalimat-kalimat sederhana berstruktur: mubtada' dan khobar (fiil mudhari mufrad) dan maf'ul bih
·          Melafalkan mufradat yang tepat dan benar dalam berbagai kalimat (dan dibiasakan tanpa harakat lengkap)
·         Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimat
·         Mengidentifikasi kata-kata kerja paling populer (fiil mudhari mufrad)
·         Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannats
·          Membuat kesimpulan tentang isi wacana
Tes tulis

2 x 40 ’
§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku panduan,
§  gambar lokasi rumah/kantor



Standar Kompetensi        : 12. KITABAH/MENULIS    (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتي)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
12.1          Menulis paragraph sederhana tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·         Isim-isim dhomir
·         Jenis-jenis  anggota keluarga
·         Kata Tanya: madza ya'malu..? 
·         Isim isyarah

·         Mengamati dan menulis jenis-jenis anggota keluarga (membuat bagan)
·         Menemukan kata-kata kerja yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengidentifikasi perubahan-perubahan fiil-fiil mudhari yang mufrad
·         Membedakan mufradat jenis mudzakkar dan muannats
·         membuat kalimat-kalimat sederhana
·         Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla' manqul)   
·         Menyusun huruf-huruf  menjadi kata-kata dengan benar
·         Menyusun  kata-kata menjadi kalimat sempurna 
·         Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
Tes tulis

2 x 40’
·         Buku Teks
·         Lembar Kerja Siswa
·         Buku panduan
·         gambar anggota keluarga (photo)
·         Gambar kegiat-an anggota keluarga 

12.2          Menulis cerita sederhana tentang أسرتي yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·  Mengidentifi-kasi bentuk-ben-tuk (perbedaan) fiil mudhari (mufrad) sesuai dengan mubtada' mufrad
·  Kalimat berstruktur:  mubtada' dan khabar dan maf'ul bih
أمي تذهب الى السوق
و أبى يقرأ الجريدة فى غرفة الأكل

و أنا العب اغسل فى الحمام
أخى اسمه خليل الرحمن
·         Mengamati dan menulis jenis-jenis anggota keluarga (mem-buat bagan)
·         Menemukan kata-kata kerja yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengidentifi-kasi perubahan-perubahan fiil-fiil mudhari yang mufrad
·         Membedakan mufradat jenis mudzakkar dan muannats
·         membuat kalimat-kalimat sederhana

·         Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis  tentang keadaan anggota keluarga)
·         Mengidentifikasi kata tanya madza ya'malu...? dan hal..., jenis mudzakkar dan mu'annats  dengan tepat dan benar dll
tugas portofolio
2 x 40’
§ Buku Teks
§ Lembar Kerja Siswa
§ Atlas
§ Buku panduan,
§  gambar lokasi rumah/kantor



Memeriksa/Menyetujui,                                                           Gerung,
Kepala SMAN 2 Gerung                                                        Guru Mata Pelajaran




Lalu Adi Mulia Kusnan, S. Pd                                                Hj.Zahraini.S.PdI
Pembina IV/a                                                                         
NIP. 19561028 198401 1 003




Tidak ada komentar:

Posting Komentar